Fungsi Karburator Cara Menyetelnya dan Sejarah Karburator

Saya akan memberi ilmu apa Fungsi karburator,cara menyetelnya dan sejarahnya, pasti sudah tau kan karburator itu apa hehe yang punya motor di bawah 2011 pasti motor tersebut menggunakan karburator beda dengan 2012 sampai sekarang tidak lagi menggunakan karburator tersebut karna sudah di gantikan dengan injeksi hehe maka dari itu kita harus apa itu fungsi karburator dan sejarahnya.
Karburator diatas adalah contoh hehe yaitu karbulator mio tetapi saya menjelaskan semua karburator. Karburator merupakan bagian dari mesin yang berfungsi dan bertugas dalam sistem pengabutan pemasukan bahan bakar ke dalam sillinder. Proses pemasukan bahan bakar kedalam silinder dinakan karburasi, sedangkan alat yang melakukannya dinamakan karburator yah gan.
Fungsi pertama karburator:
1. Untuk mengatur udara dan bahan bakar kedalam saluran isapnya.
2. Untuk mengatur bahan bakar dan udara masuk secara merata.
3. Untuk Mengatur perbandingan bahan bakar udara
4. Untuk Mengatur berbagai beban kecepatan motor.

Maka dari itu akan dijelaskan bagian karburator beserta fungsinya:
A. Klep jarum pelampung (floatervalve)
Yaitu berfungsi sebagai mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
B. Jarum skep/jarum gas (needle jet)
Yaitu berfungsi sebagai mengatur besaranya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.
C. Skep/katup gas (throtle valve)
Yaitu berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.
E. Pelampung Karburator (floater)
Yaitu berfungsi mengatur bahan bakar agar tetap pada mangkuk karburator.
F. Mangkok karburator (float chamber)
Yaitu berfungsi sabagai penyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan.
G. Pemancar jarum (main nozzle/needle jet)
Yaitu berfungsi sebagai memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
H. Pemancar kecil/stationer (slow jet)
Yaitu berfungsi sebagai memancarkan bahan bakar waktu lamsam.
I. Pemancar besar (main jet)
Yaitu berfungsi memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh.
J. Katup cuk (choke valve)
Yaitu berfungsi sebagai menutup udara luar yang akan masuk kedalam karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.
K. Sekrup udara/baut udara (air screw)
Yaitu berfungsi sebagai mengatur banyaknya udara yang akan tercampur dengan bahan bakar.
L. Sekrup gas/baut gas (trhottle screw)
Yaitu berfungsi sebagai menyetel posisi skep sebelum di gas.

Karburator cara kerjanya di mulai dari mesin di hidupkan dan saat mesin di hidup kan mesin menghisap udara luar masuk melalu karburator tersebut, karena kecepatan udara yang masuk spuyer kecilnya maka tekanan udara dipermukaan saluran masuk rendah sehingga bahan bakar memancar melalui spuyyer kecilnya tersebut. Maka campuran bahan bakar dan udara menghasilkan gas yang nantinya akan di bakar didalam silinder tersbut.

Kendala yang akan di hadapi saat menyetel langsam :

1. Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold.
2.  Mesin tersedat-sedat.
3. Knalpot nembak-nambak setelan gas ditarik.
4. Putaran mesin turun lama.
5. Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udaranya.
6 Periksa per skep mungkin sudah lemah.
7. Periksa kedudukan jarum skep dan skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik.
8. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik dan benar.
9. Periksa kemungkinan bebas bahan bakar bensin bercampur dengan air mineral/hujan.
10. Periksa ttidak ada kerusakan pada seal karet pada setaln anginnya, dengan membuka dan melepas skrep setelan angin dari karburatornya.
11. Ukuran main jet dan slow jet tidak berubah (sesuai standar) apabila tidak sesuai maka bisa susah langsam karena campuran bensin tidak tepat.
12. Periksa dan pastikan bahwa sekrup setelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada setelan tidak patah).
Nah itu adalah kendala yang akan di hadapi saat menyetel maka dari itu harus di perhatikan betul dan di cermati betul betul.

Cara Menyetel Rpm :

- Panaskan motor tersebut kurang lebih ya 1 menitan lah.

- Putaran penyetelan langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah.

- Menyetel skrep udara ada dibagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat obeng kecil min (-).

- Besarnya stelan angin tersebut adalah kurang lebih antara 1,2 - 3 putaran lah.(putar kekanan mentok putaran 360 derajat dan kembalikan ke kiri sampe ketemu mesin yang paling stabil yah.

- Setelah itu kembalikan kecikan RPMnya dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 - 1300 RPM saja dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometernya.

SEJARAH DAN PENGEMBANGANNYA

            Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipantenkan tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama janos Csonka dan Donat Banki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham, yaitu inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator tersebut pada mobil buatan inggris. Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya menggunakan mobil perama yang menggunakan bahan bakar bensin di inggris, bersilinder tungal bertenaga 5 hp (4 KW), dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combution). Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersbut, kali ini mereka menggunakan dua silinder horizontal dan juga mendisain ulang karburator mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur panjang 1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotif.
            Karburator umunya digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin sob sampai akhir 1980an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai digantikan oleh injeksi pada jaman sekarang karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapai efisiensi bahan bakarnya.

Nah sekian dari ototar.blogspot.com jika ada salah kata-kata mohon maaf bila ada yang kurang atau menjanggal bagi kalian silahkan koment saja TERIMA KASIH semoga betah di blog kami sekian dari admin.

Penyebeb Mesin Motor Cepet Panas Dan Cara Mengatasinya

Nah kembali lagi bersama kami, sekarang saya akan memberi tahu penyebab mesin cepet panas dan cara mengatasinya simak di ototar.blogspot.com berbagai macam Tips and Cara atau penyebab sekalipun di otomotif hehe. langsung saja ke tema kita yaitu mesin motor cepet panas. Pada umumnya panas nya mesin motor itu timbul secara perlahan nih, tetapi pernahkah agan mengalami mesin motor cepet panas begitu cepat padahal baru saja keliling komplek tapi cepet panas pasti pernah mengalaminya kan, berikut ini beberapa penyebab mesin motor cepet panas, nah jika mesin panas ini di biarkan begitu saja mungkin dapat mengakibatkan motor agan tidak bisa jalan lagi harus service ke dealer mungkin. ini lah tanda tanda mesin overheat sebagai berikut :
1. Motor kehilangan tenaga wah kalo di biarkan mungkin akan memperbaikinya makan waktu banyak dan dana pun lebih besar keluarnya.
2. Muncul bau gosong di area mesin motor hehe pastinya ga enak banget kan lagi enak ngendarain eh bau gosong

Selain di atas ada penyebab lainnya gan yang lebih efektif 

3. Memilih oli mesin yang bukan dari dealer

Memilih Oli mesin stadarnya sendiri termasuk disesuaikan pada suatu negara dimna motor dipakai. Lebih baik ikut peraturan oli rekomendasi dari dealer motor tersebut dari pada entar motor terjadi masalah kan bahaya gan, biasanya sudah disesuaikan dengan motor yang di produksi dinegara tersebut, silahkan saja memakai oli lain yang spesifikasinya sama, asalkan memiliki kode SAE yang dikremendasi pabrik yang sama. Oli tidak tepat juga akan lebih cepat mendeposit kerak pada ruang pembakaran, dan ini adalah penyebab utama nih dari kerusakan pistonnya, pastinya membuat mesin cepet panas maka dari itu di anjurkan beli oli yang sudah di rekomendasikan dari dealernya saja.

4. Busi yang sudah aus

Busi yang sudah aus biasanya nih percikan api yang dihasilkan tidak besar, sudah tidak stabil, terkadang keluar percikannya kadang tidak keluar, busi terlalu renggang atau rapat juga bisa menghasilkan pengapian yang buruk. Kerenggangan kutub busi normal kira kira selebar 3mm saja, coba cek dan bersihkan busi motor agan terlebih dahulu. Jika kondisi busi ada masalah sebenarnya gampang di kenali, misalnya suara mesin yang menggelitik hehe kaya manusia aja, performa mesin yang drop, mesin tersedat.
Ada dua jebis busi yaitu dingin dan busi panas. Busi dingin yaitu busi yang biasa di pakai motor sehari hari, sedangkan busi panas yaitu motor untuk keperluan balap drak motor. hal ini mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna pada busi panas maka dari itu di anjurkan busi bawaan pabrik aja gan.

5. Proses pembakaran

Proses pembakaran yang kurang maksimal bisa di akibatkan oleh beberapa faktor yaitu penyetalan timing/ setelan pengapian yang tidak pas. Maka dari itu di akibatkan bahan bakar yang sudah diproses oleh karburator terbakar sebelum waktunya gan, busi renggang atau terlalu rapet jadi pas tengah tengah saja hehe.
Penyetelan skpe dan angin angin karburator yang tidak tepat juga menyebabakan mesin cepet panas terlalu boros dan irit mengakibatkan kinerja mesin tidak sesuai dengan pasokan bensin yang di terima oleh karbu. Proses pembakaran/ penyetelan tidak tepat biasa mengakibatkan knalpot meldak meldak.
Bahan bakar yang tidak sesuai memenuhi standar pabrik juga bisa menyebabkan mesin cepet panas. Bahan bakar tidak bisa terbakar dengan sempurna, bahkan nih gan terbakar sendiri sebelum saatnya terbakar.

6. Seher dan Ring Seher

Seher dan ring seher telah aus juga bisa membuat cepet panas mesin motor tersebut. Komponen yang bernama piston adalah prosesnya mesin otomotif melalui piston inilah, bahan bakar di ubah untuk menjadi energi yang digunakan untuk menggerakkan sepeda motor. Kerusakan yang diakibatkan oleh ring piston, serta menumpukannya kerak pada blok silinder juga bisa mengakibatkan mesin cepet panas. Ausnya ring piston maka biasanya di tandai oleh knalpot mengeluarkan asep putih atau ngebul hahah.

7. Penyetelan Klep

Setelah klep juga harus tepat dan ada aturannya, setelah katub pada mesin biasa saja berubah dengan sendirinya karena keasuan. Untuk itulah mengapa selalu dianjurkan agar rajin tune up saja kedaraan anda secara berkala sesuai kilometer. Agar hal seperti ini segar diketahui dan diatasi, supaya keausan tidak brebet dan menjadi lebih parah, maka dari itu setelan katup mesin yang tidak tepat akan membuat asupan bahan bakar mejadi tidak sempurna, mengakibatkan mesin menjadi cepet panas banget.

Nah maka dari itu jika motor awet dan tidak cepet panas maka di anjurkan memakai bawaan pabrik saja jika tidak tau belinya dimna cari lah dealer terdekat atau bengkel pasti ada seperti busi dll. Sekian dari ototar.blogspot.com jika ada salah kata mohon maaf jika ada yang kurang tambahkan saja di komentar pasti admin akan menambahkan TERIMA KASIH.


Penyebab Motor Goyang dan Oleng Saat Berkendara

Sekarang ototar.blogspot.com akan memberika penyebab motor goyang saat berkendara dan cara memperbaikinya, pastinya jika saat berkendara enak di jalan aspal yang bagus tidak tidak motor goyang sendiri dan pasti ga enak banget kan dijalan yang lurus motor goyang goyang emang mau dangdutan tuh motor hehe nah ada 6 penyebabnya nih gan simak dibawah ini:

1. Kondisi Ban Motor
Dikarena motor oleng juga ternyata dapat di sebab kan ban yang sudah botak/aus, anda juga harus memperhatikan apakah ada kerusakan pada ban seperti ban motor bocor,robek atau terkena paku dan ban tidak rata, Keadaan tersebut pastinya membuat perjalanan terasa oleng selain itu lihat juga rotasi banya gan jika rotasi ban ban terbalik ban akan cepat botak dan saat dikendarai menjadi kurang nyaman. Untuk memperbaiki masalah seperti ini yakni dengan kempiskan ban dahulu kemudian pasang dengan posisi yang pas saja. Nah ada pun benjolan di ban motor bisa membuat motor tak stabil. Sangat terasa tentunya saat dikendarai, maka itu cek apakah kondisi bannya yah gan,periksa juga tekanan anginnya gan apakah sesuai dengan ukuran yang di anjurkan sepeda motor.

2. Velg Motor


Nah Velg itu merupakan salah satu komponen yang mungkin bermasalah juga ketika merasa oleng pada motor. Untuk medeteksinya apakah motor bermasalah sehingga dapat mengakibatkan goyang goyang pada motor gunakan alat bantu seperti batang besi, obeng dan benda lain lainnya, kemudian dekatan besi atau obeng tersebut sampai hampir menyetuh velg, terus gerakan roda ke depan atau kebelakang bebas sih, nah apabila besi atai obeng menyentuh velg itu motor maka dapat di pastikan velg itu tidak keadaan presisi,cara mengatasinya dengan cukup menyetel ke tukang setel jari jari saja jika velgnya racing ke tukang pres velg saja,cukup harga terjangkau paling setidaknya 80 ribu cukup hehe.

3. Bearing Motor
Bearing roda pada komponen ini sangat banget mempengaruhi sekali penyebab paling sering dari motor terasa goyang. Untuk penyebab yang satu ini indikasinya cukup mudah terlihat banget, jika ban motor tidak kempes dari baut roda sudah kencang tetapi motor masih goyang maka hal ini dipastikan bearing adalah sumber keolengan motornya, untuk medeteksi kerusakan bearing dengan cara menggoyangkan roda kiri atau kanan ke arah depan dan belakang pada posisi standar dua ya jangan satu wkwk, jika terlihat goyang goyang maka itu penyebabnya adalah bearing.

4. Komstir


Komstir pada komponen ini sangat mempengaruhi sekali penyebab motor goyang dan tidak enak di kendarai, komstir terdapat di sumbu antara segitga garpu depan dan rangka motor gan. Komstir ini berfungsi memegang peranan dalam pengendalian. Usia Pemakaian sudah lama akan berakibat komstir terasa oblak, susah digerakan, terasa kasar dan belok kurang enak gan. Kerusakan komstir ini di sebabkan biasanya adalah mangkuk-mangkuk dan bola-bola besi yang telah aus,sebaiknya diganti saja dan usahakan membeli suku cadang yang baru di delaer terdekat atau bengkel yang lengkap.

5. Shockbreaker Depan
Shockbreaker pada komponen ini mempengaruhi penyebab motor tidak terasa enak di kendarai, Shock ini juga berfungsi menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang untuk membuat berkendara semakin nyaman dan wenak tenan. Shock ini juga berfungsi meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan yang berlubang, Tabrakan dan bekas jatuh biasanya hampir rusak shockbreaker ini Sehingga posisi shock miring tidak presisi atau lurus ga.

6. Segitga Dudukan Setang 
Segitiga motor pada komponen ini sangat mempengaruhi motor banget tidak terasa nyaman gan dikarenakan setang motor yang menghubungkan antara setang dengan shockbreakernya biasanya sering terjadi ketidak sejajaran antara garpu kiri dan kanan maka dari itu cek segita motor tersebut gan jika motor sudah tidak terasa nyaman dan enak.

Sekian dari kami ototar.blogspot.com jika ada yang kurang mohon tambahkan saja dikolom komentar ini jika ada salah salah mohon maaf hehe Terima Kasih Salam Motor.



2 Cara Mengatasi Motor Susa Hidup Di Pagi Hari dan Mesin Dingin

Nah saya akan menjelaskan mengapa motor susah mengnyala pada pagi hari/mesin dingin pasti ribet dong udah waktu mepet tapi motor susah di nyalainnya pasti pusing dan kesel ingin lempar saja motor dan beli yang baru ups tenang aja ada cara kok mengatasi yuk simak di bawah ini:


1. Bila di pagi hari motor susah di stater maka dari itu setiap pagi hari motor di anjurkan untuk stater kaki saja dengan cara engkol tuas tersebut sebanyak 8x sampai 10x saja yang harus diperhatikan adalah saklar dalam kondisi off setelah itu hidpukan saklar kemudian stater lagi dengan kaki dan hidup juga mesin motor hihi, nah penyebab yang bisa mengakbitkan motor susah di stater di pagi hari adalah :

a. Aki motor habis dayanya coba cek dulu akinya
b. kabel ada yang konslet cek coba
c. busi sepeda motor mungkin kotor harus di bersihkan
d. busi sudah rusak dan harus di ganti yang baru mungkin kisaran 30 ribu
e. nah ini yang harus di perhatikan system kelistrikan bermasalah tolong cek dengan baik
f.  mungkin besin motor anda habis cek dengan teliti
g. Seher rusak bisa saja terjadi kan
h. Booring dan komponen lainnya tolong di cek saja dari pada entar bermasalah malah bahaya

Nah maka dari itu ketika motor susah di hidupkan di pagi hari atau mesin mati selama 12 jam dan pasti anda ke bingungan motor susah menyala apalagi dengan keadaan genting pasti harus cari bengkel yang buka kan apalagi pagi haru jam 6 mungkin bengkel masih pada tutup hihi mending cek sendiri saja hihi.
Ada pun penyebabnya ternyata yang dialami sederhana sekali yang menjadikan motor susah hidup di pagi hari hanyalah persoalan sepele dan akhirnya memiliki solusi yaitu kick stater saja di pagi hari gampang untuk mencegah motor susah hidup di pagi hari.ada pun penyebabnya nih gan memberikan bahan bakar pertamax banyak yang mengatakan dengan memberikan bahan bakar pertamax maka kondisi motor di pagi hari akan menjadi susah hidup itu pun kata orang orang hihi di sebabkan oleh beberapa hal. namun rata-rata motor susah hidup dikarenaka pada motor yang kurang perawatan.

2. Penyebab Motor Susah Hidup 
ada 5 cara untuk penyebab motor susah hidup 

a. Pengapian
Timing pengapian memang sangat berpengaruh nih gan dalam pembakaran di dalam silinder. akan tetapi pada umumnya timing pengapian ini tdak akan berubah karena sudah di set mati yah, nah kemungkinan yang penyebab motor susah hidup adalah busi kecilnya, busi mungkin kotor atau sudah tidak berfungsi lagi maka dari itu ganti dengan yang baru saja.

b. Celah katup
Celah katup tidak tepat ini jarang terjadi maka dari itu setelan katup tidak pas maka proses pemasukan bahan bakar tidak tepat sehingga motor sulit hidup bahkan susah di hidup kan gan.

c. Vakum Bensin
Nah mungkin vakum bensin rusak pada bagian motor dilengkapi dengan vakum bensin. Jika vakum tersebut ini rusak maka akibatnya aliran bahan bakar dari tengki akan tersedat dan susah ke karburatornya.

d.Campuran bahan bakar
Nah ini harus di perhatikan sob Campuran bahan bakar tidak pas dan udara tidak pas maka tentu motor jadi susah hidup, untuk itu lakukan lah penyetelan yang pas. Caranya dengan memutar baut karburator sampai mentok dan kemudian balikan dengan kira kira pas untuk di stelnya.

e. Bahan bakar
Bahan bakar tercampur sama air wah harus diperhatikan banget nih apalagi tercampur dengan air hujan terjadi kebiasaan sering melepas filter udara juga membuat air hujan dan bercampur bensin akibat motor akan susah hidup gan maka dari itu jangan lah melepas filter dengan sengaja di karenakan tidak keren atau ngikutin gaya sekarang

f. Aki 
Aki yang tekor bisa membuat kita memaksa untuk kick stater pas keringatan kalo ga nyala nyala kan. Aki tekor itu bisa di sebabkan hendle rem yang nahan, jadi lampu belakang itu menyala terus menyebabkan pemborosak listrik,menyebabkan pengapian aku tidak optimal arus listrik mengalir terus secara cuma cuma.

g. Klep kotor 
Nah sekarang klep kotor biar mana pun sulit digerakan pasti perlu kickstater lagi,kejadian ini pernah terjadi coba matikan kontak lalu dicoba kick stater setelah lima kali saya nyalakan setelah itu baru mesin menyala biasanya kalo menyala harus sampai mesin panas kalau tidak motor akan mati kembali dan susah menyala.

Nah itu saja tips dari kami jika ada yang kurang mohon tambah kan saja di komentar yah jika ada masalah tolong kirim ke contact kami saja Terima Kasih

Cara Menaikan Performa Mesin Mio dengan Bore-up 150cc dan Harian

Nah saya akan membagi ilmu lagi nih sob maka dari itu kunjungi terus blog kami yaitu ototar.blogspot.com jangan lupa share and coment sob.langsung saja nih simak baik baik di bawah ini gan dengan seksama ada 3 cara yang bisa dilakukan:

1.  Agar kapasitas mesin Mio standar 115cc menjadi 150cc wow cara gimna tuh nah simak aja gan, cara nya menggunakan ukuran piston dengan ukuran diameter 57 mm. Dengan sebuah perhitungan yang matang yaitu (1/4x3,14 x (57)2x57,9): 1000, akan bisa di dapat kapasitas mesin mio mejadi 147cc dengan menggunakan piston ukuran yang lebih besar gan tentu juga membuat liner yang standar juga mesti diganti yah,ganti liner dengan yang sesuai dengan piston jangan yang lain,Seperti milik suzuki Thunder 125, selain bawwan thunder 125,piston honda GL Neo Tech  dan Yamaha V-Ixion bisa di pakai untuk menaikan cc mio. Khusu paki piston Thunder dan V-Ixion saja, penyesuaian pada diameter pin juga mesti dilakukan. Bawaan mio 15 mm dan pin Thunder juga V-Ixion 14 mm.


2. Menaikan performa mesin Mio standar ting ting juga bisa dengan menggunakan piston berukuran 54,5 mm. dan untuk meningkatkan stroke atau panjang langkah, maka dari itu menggunakan ukuran total 6mm yang sesuai dengan aturan maksimalnya naik stroke serta dianggap paling pas gan, oleh karena itu jika dimasukan dalam rumus, hasilnya serta pembagiannya akan ketemu kapasitas mesin menjadi 148,99 cc. dan jika dibanding dengan cara yang pertama sob,maka dari itu cara kedua lebih mudah ehhh tapi waktu dibutuhkan lebih lama dari pada cara ke dua sob.

3. Cara ketiga tak perlu ganti boring yah, akan tetapi penyuaian pin juga perlu dilakukan dibeberapa piston yang bisa digunakan misalnya pada seher bawaan yamaha jupiter yang ada di planet itu loh inini canda gan, lanjut serta kawasaki Kaze yang diameter berukuran 13 mm sob, jika yang dipasang piston Yamaha jupiter MX maka tak perlu ganti pin sob.

Bore up Mio Harian

Jika kita mau ubah matic mio standar menjadi motor yang cukup kebut/menyalip lebih enak dijalan, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan,yaitu:

1. Kita perlu tahu dulu hasil akhir dari motor yang sesuai dengan kemauan anda dulu, apa hanya sekedar kenceng mengandalkan spek standar, apa bore up 130cc.

2. Kita perlu piapin uang yang sesuai dengan spek kita inginkan, jangan sampai uang habis nantinya motor anda malah setengah jadi kan jadi ga enak di pakainya.

Pikirkan dulu apa yang kita ingin kan jangan sampai setengah jadi motornya kan ga enak kalo di buat harian,untuk bore up mio harian kita cukup hanya ganti seher dengan ukuran 54mm pake punya GL max NT, itu udah cukup buat dongkrak tenaga standar naum botol seher perlu disesuaikan lebih besar biar masuk tuh seher 54mm ke motor mio kalian.
Setelah itu noken as pun perlu penyuesuaian lagi ganti punya noken as aftermarket yang beredar di pasaran, ada CLD,kawahara dll speknya harus sesuai bro menurut saya dengan ke 2 hal tersebut cukup buat dongkrak tenaga motor mio yang dirasa kurang pol di pengganti ke 2 hal tersebut cukup buat dongkrak tenaga motor mio yang rasa kurang pool dibuat geber bro,bagian CVT juga harus disesuaikan bro roler pun ikut kena imbasnya ada bainya roller CVT di ganti dengan ukuran 9gram rata mantap tarikannya bro, nah Per CVT diganti juga sesuai selera yang diingikan yah bro banyak warna yang ada inginkan kaya merah kuning tinggal kenginan anda aja.

Sekian dari saya bila ada yang kurang mohon tambahkan bila anda suka tolong share aja bro Terima Kasih





Cara Menaikan Tenaga Motor Matic Kencang Tanpa Bore Up

Kembali lagi dengan blog saya yaitu ototar.blogspot.com 

Terlihat seperti motor standar tapi motor ini lumayan kenceng bro di jalan raya tanpa bore up.
Nah khusus hari ini saya akan membagi ilmu Cara Menaikan Tenaga Motor Matic Tanpa Bore Up,nah pasti dengan motor matic yang anda standar pasti ga mau kalah kan dengan motor motor bore up yang berlari kencang di jalan raya pasti anda kesal dan ingin membalap nya lagi nah saya akan membagi TIps Tipsnya nih Mohon di simak yah gan: 

1. ROLLER RACING

Setingan upgrade performa non bore up yang sudah dibuat, ga usah perlu banyak penurunan bobot roller gan cukup lebih ringan 2 gram aja ya dari roller bawaan pabriknya.
Jika mau tarikan atas dan bawah cukup bertenaga misalnya pada Motor seperti Vario 150 biasa melakukan penggantian roller standar dengan roller 10 gram atau bisa juga dengan 14 gram.

2. NOKEN AS RACING

Nah Noken as berperan sangat penting nih sob maka dari itu buka tutup klep juga mesti disesuaikan. Untuk hal tersebut, cara paling mudah mengganti noken as standar bawaan pabrik dengan noken as racing nih, bisa di terapkan bagi mereka yang menggunakan Matic Mio,Honda Beat untuk menaikan tenaga motor cukup saja menyetel ulang ulang kerenggangan klepnya, dengan fuller gauge, setting ulang klep inlet pada angka 0,15-0,20 mm yah jangan lupa bagian exhaust dibikin rapat 0,07-0,1 mm.

3. V-BELT

Untuk penggantian V-belt harus di perhatikan nih gan jika V-belt standar maka tarikan motor tidak begitu kencang, maka dari itu usahakan ganti dengan ukuran yang lebih tebal dan keras yah maka dari itu tarikan motor akan lebih responsif dan membuat tenaga motor meningkat.

4. PORTING PADA BAGIAN EXHAUST

Dalam kondisi yang masih standar dingding pada lubang inlet maupun exhaust, teskturnya sepertu kuljer, maka dari itu banyak mekanik hal tersebut dianggap sebagai penghambat alur gasnya sob masuk dan keluar, Agar performa maksimal untuk inlet kuljer jangan dibuang karena mempengaruhi proses pencampuran bahan bakar dengan udara. nah kita haluskan saja bagian exhaust saja, agar proses keluarnya hasil pembakaran jadi lancar.

5. CDI 

Sektor CDI standar bawaan pabrik gan memang sudah baik bingit dalam menyalurkan arus listrik. Akan tetapi jika ingin lebih mendongkrak performa matik yang anda punya Harus mengganti CDI aftermarket.

6. Pengapian 

Disarakan saja nih yang menginginkan semburan tenaga besar, wajib mengganti busi standar dengan busi yang memberikan pengapian lebih sempurna yah. Sehingga pembakaran di mesin jelas lebih baik.

7. KNALPOT

Jika non bore up untuk performa matic gausah mengharuskan pakai kenalpot racing. Namun agar proses pembuangan lebih lancar, knalpot Ori bawaan pabrik mesti di bobok biar tenaga motor prima dan bertenaga,atau jika anda tidak mau knalpot ori di bobok bisa juga membeli knalpot Sugi standar dan bobok ulang Ke WRC/PRS.

8. RASIO KOMPRESI

Meningkatkan rasio kompresi pada mesin matic, akan membuat powernya meningkat nih, peningkatan mesin motor matic yang perbandingan kompresinya di naikan terasa rpm bawah sampai atas, Buat mio yang pistonnya cekung cara yaitu menaikkan kompresinya bisa dengan melakukan papas silinder head, dan ga usah banyak banyak, untuk skutik harian cukup 1-1,5mm saja gan.

9. KOIL

Koil yang berada di pasaran seperti TDR,BRT,Kitaco nah untuk memberikan percikan api yang lebih maksimal pada pengapian motor metic maka dari itu dicoba lah KOIL tersebut.

Sekian dari saya jika ada yang kurang mohon tambah kan saja di komentar di bawah ini terima kasih. 

6 Tips Cara Mengatasi Rem Cakram/Piringan Berisik dan berdecit

Nah kembali lagi dengan blog kami yaitu ototar.blogspot.com nah saya akan menjelaskan kenapa rem cakram depan motor berisik atau berdecit ketika motor sudah berjalan 10 km/jam nah saya akan memberi tips nya nih gan simak baik baik ya :

1. Caranya cukup rem cakram anda dengan cairan pembersih piring baik itu sunlight atau mama lemon gan, tidak usah bongkar rem yah, cukup kucurkan saja cairan pembersih piring ini ke bagian rem sambil rem kita tekan dan ban diputar-putar yah jangan di rem terlebuh dahulu, kalo sudah gini ya tinggal lap saja dengan lap yang bersih dari kotoran dan tunggu sampe bersih.

2. Cara hanya dengan melumuri kampas dengan oli mesin. untuk hasil yang maksimal, pertama lepas kampas rem lalu bersihkan dengan kompresor. Jika tak ada kompresor bisa gunakan lab basah yah jangan pake lap kering.

3. Setelah itu lumuri kampas rem dengan oli sampai merata. Diamkan sejenak mungkin 1 menit atau 2 menit. Lalu, tempelkan kedua kampas seperti dengan sisi kampas saling berhadapan setelah itu gesek-gesekkan sebentar.

4. Warna oli akan berubah menjadi hitam nih sob yang menandakan kotoran yang ada di kampas rem terangkat, terus gosokan sampai dirasa cukup, baru dikeringkan dengan lap kain bersih saja.

5. Nah sekarang piringan cakram juga di bersihkan, membersihkannya bisa dengan air sabun perintah yang kaya di nomer 1 atau dengan di lap kain basah saja.

6. Tidak manjur juga dengan tips yg di atas, dari pada pusing pusing mending beli saja cakram yang baru mungkin cakram yang anda punya udah aus atau mulai menipis jadi relakan saja membeli cakram motor di dealer terdekat mungkin kena biaya 100 ribu saja gan

Nah sekian Tips tips dari kami jika ada yang kurang mohon maaf dan bisa juga menambah kan yang kurang di kolom komentar di bawah ini Terima Kasih.

7 Tips Cara Merawat Bodi Motor Tetap Kinclong dan Awet

Nah saya akan Memberi tips cara merawat bodi motor, banyak orang bertanya tanya merawat bodi motor gimna biar tetep awet pake obat awet muda aja mas biar bodinya awet hihi, dan saya akan membagikan tips tersebut simak gambar dibawah ini motor mio yang bodinya tetap kinlong padahal udah 5 tahun memakainya :
Nah maka dari itu simak baik baik yah Tips tips dibawah ini biar motor anda masing kinclong kaya gambar di atas ini:

1. Hindari Menggunakan Cairan Pengkilap Motor

Cairan pengkilap motor memang ampuh membuat bodi motor anda mengkilap ehh tapi hanya seketika loh, makanya dari itu hindari lah menggunakan cairan pengkilap, karena dibalik kemampuannya itu, komposisi cairan ini terdiri dari zat-zat kimia yang bersifat keras, jika menggunakan setiap hari, justru berakibat fatal pada cat motor dan bodi motor akan cepat memudar loh,maka dari itu hindari banget dah pokonya.

2. Hindari parkir ditempat yang panas

Terik matahari mampu memudarkan lapisan cat bodi motor sehingga kalo keseringan di tempat yang panas maka bodi motor akan memudar gan. maka dari itu cari tempat parkir yang adem yang dilengkapi dengan atap jika sayang dengan kendaraan motor anda hindari lah tempat yang panas.

3. Hindari terkena air hujan terus menerus

Jika sepeda motor anda terkena air hujan terus menerus akan sanggu membuat bagian motor berkarat dan akhirnya keropos seperti batang sepion akan mengalami karatan jika terkena terus menerus.

4. Saat proses pencucian Bodi motor

Gunakan lah busa motor yang bagus jangan yang abal abal atau KW super hihi, agar saat memcuci motor kita tidak lecet lecet, karena jika menggunakan busa Abal-abal atau jelek bodi motor anda akan mengalami lecet lecet wah pasti ga enak kan motor anda lecet-lecet. Gunakan sabun yang bagus dan berkualitas seperti sabun colek/sanlight, agar bodi motor anda menjadi bersih dan mengkilap.

5. Saat proses pengelapan bodi motor 

Gunakan lah lap untuk mengerikan motor, usahakan menggunakan lap motor yang bagus berkualitas lah pokonya, jangan mengusap motor ketika dalam keadaan berdebu, karena dapat mengakibatkan motor anda lecet lecet dikarenakan debu yang menempel akan melecetkan bodi motor tersebut.

6. Hindari bodi motor terkena debu bangunan

Jika sudah terkena debu bangunan jangan lah di lap langsung,maka dari itu siramlah bodi motor yang terkena debu bangunan tersebut setalah disiram jangan lupa di lap agar debu yang menempel bisa hilang,dan jangan terkena debu bangunan terlalu lama dikarenakan bisa mengakibatkan cat bodi motor menjadi pudar.

7. Hindari Memasang Stiker Yang Murah

Sebenarnya memasang stiker membuat tampilan motor anda akan tetapi kurang baik untuk Cat motor anda selain karena menimbulkan bekas lapisan peldung cat juga akan ikut terlupas maka dari itu Jika mau memasang Stiker harus yang ber kualitas yah gan

Maka dari itu hindari ke 7 tips itu gan bila motor anda mau kelihatan kinclong atau bagus dan dipandang orang keren,saya hanya menganjurkan saja gan bila anda ngeyel yah itu mah seterah aja yaudah sekian dari saya

Nah sekian dari tips tips saya semoga bermanfaat bagi anda jika ada yang kurang mohon sarannya gan komentar aja yah Terima Kasih atau Hubungi Contact kami.

Pengertian Motor Matic Injeksi

Simak baik baik gan,Pertama yang kita harus pahami mengenai injeksi adalah artian kata dari injeksi FI biasanya orang menyebutnya kata injeksi atai FI memiliki kepanjangan Yakni F= Fuel (bahan bakar) =Injection (bahan bakar) kita simpulkan bawah arti FI adalah FUel Injection (bahan bakar yang di semprotkan) jadi untuk bahan bakar yang akan dibakar bersamaan dengan udara didalam ruang pembakaran itu dasarnya adalah dengan penyemprotan atau pengkabutan bahan bakar dengan udara itu semakin bagus dan untuk imbasnya dapat diperoleh sebuah pembakaran bahan bakar yang lebih sempurna alis bahan bakar yang di bakar habis terbakar secara sempurna.

Untuk imbas dari pembakaran yang sempurna ini juga bisa mempengaruhi performa dari kerja mesin itu sendiri loh, yakni untuk tenaga yang dihasilkan oleh mesin pastinya lebih maksimal karena pembakarannya sempurna bingit makanya imbas yang terakhir adalah untuk gas sisa pembakaran bisa dikatakan lebih ramah lingkungan kata. Sistem injeksi ini adalah sistem yang bisa dikatakan suatu sistem yang memiliki keunggulan lebih cerdas dibanding dengan sistem sebelumnya yaitu karburator karena pada sistem injemsi itu dilengkapi dengan sebuah perangkat komponen komponen pendukung kerja sistem injeksi yang canggih.

Seperti halnya untuk sistem injeknya itu dibagi menjadi 3 bagian utama penting yang dapat menunjang kerja dari sebuah sistem ini, antara lain pada sistem injeksi terdapat beberapa sensor yang bertugas mengetahui atau mendeteksi kondisi mesin dan lingkungan sekitar, terus dalam sistem injeksi terdapat yang namanya ACTUATOR atau bisa kita katakan sebagai komponen komponen sistem injeksi yang bertugas sebagai pelaksananya kerja sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh control/otak dari sistem injeksi tersebut, yang ketiga disini jelaskan bahwa sistem injeksi itu terdapat sebuah CONTROL atau sebuah otak dari sistem injeksinya nih sob yakni yang memiliki nama ECU (engine control unit) fungsi dari ECU ini adalah sebagai penerima laporan dari sensor dan penyuru komponen actuator untuk bekerja sesuai dengan kondisi mesin/lingkungan yang datanya didapat dari laporan komponen sensor.

Wah berarti dasar dari sistem FI ini sama halnya kerja seorang tubuh manusia donk nah simak contoh gambar dibawah ini yah gan:


Bingung yah melihat gambar di atas ini tenang gan saya akan jelaskan detail sampe ke akar akarnya nih hihi.
Ketika manusia berjalan diluar ruangan dan saat itu pula kita terkena sinar matahari pasti pertamakali yang kita rasakan adalah panas, pastinya pertama kita rasakan adalah kulit yang ada ditubuh kita bukan kulit jok yah haha, nah dari sini saya bisa artikan bahwa kulit adalah bagian dari pada sensor yang merasakan panas pastinya kulit tidak akan diam saja kan pasti kulit akan melaporkan hasill temuannya tidak kepada yang berwenang untuk berfikir yaitu otak kita, dari otak kondisi laporan dari kulit tadi diolah atau dipikirkan, apa ya enaknya yang harus dilakukan kalau kondisi panas tubuh kita kepanasan, pastinya kita pergi ketempat yang adem yah,dengan cara otak menyuruh actuator untuk bergerak, contohnya nih otak akan menyuruh kaki untuk berjalan tempat adem, untuk motor injeksi juga sama kaya dia juga punya yang namanya sensor, control dan actuator, contoh satu saja ketika motor injeksi mesinnya udah panas berlebihan yakni sekitar 100 derajat maka sebuah sensor suhu mesin yang terdapat pada motor akan melaporkan kondisi tersebut kepada otak dari motor tersebut akan dikelolah, dan pada saat kondisi mesin panas atau over heating maka hal yang harus dilakukan adalah menambah pendinginan pada mesin maka dari itu ECU memerintah yang namanya kipas pendingin untuk membantu proses pendinginan pada motor tersebut.

Selain cara kerjanya yang terkontrol sistem injeksi ini juga sangat mudah untuk masalah perawatannya,soal kalau saya lihat khusunya didelar terdekat tempat saya service motor injesi butuh waktu yang cukup lama beda dengan service motor tipe karburator.

Sekian dari saya sedikit yang menting saya bisa membagikan ilmu bila ada yang kurang mohon tambahkan saja di kolom komentar Terima Kasih

Cara Menghilangkan Suara Brisik Di CVT Beat

Nah Sekarang saya akan memberi ilmu Cara Menghilangkan suara berisik di Cvt Beat, Saya pernah minjem motor temen saya yaitu motor beat 2010

 dan pas saya mengendarai motor tersebut terdengan suara berisik yang tidak enak di dengar dan saya pun bergegas untuk melihat ada apa dengan motor beat tersebut dan saya pun berhenti ternyata suara berisik menghilang nah saya pun lanjut jalan lagi nah pas saya tengok ternyata suara berisik itu dari CVT nya.

Saya dan teman pun membongkar CVT tersebut setelah di bongkar grease/stemplet sliding shave (puley belakang/face set movable driven) keliatan agak berkarat waduh saya pun bingung kenapa bisa bigitu.dan temen saya pun bersihkan dan ganti grease/stemplet CVT dengan yang baru.lihat gambar dibawah ini:

Dan akhirnya motor tersebut lancar kembali,setelah 2 minggu nongol lagi bunyi berisik pada daerah CVT tersebut temen saya pun ngasih tau saya ada suara berisik dari CVTnya lagi, akhirnya saya bongkar lagi nih, setelah di cek grease (stemplet/gemuk khusus buat slidig shave) kering waduh kok bisa dan malah mleber kemana mana.

Setelah itu saya bertanya kepada mekanik bengkel yg deket rumah menurut mekanik tersebut kemungkinan seal sliding shave (gambar no 20,21,22) udah bocor kemana mana, akhirnya saya ganti 1 set pakai punya yamaha mio karena nyari punya Honda beat susahnya minta apyun, Penyakit kedua nih pusing lagi aja, sliding shave ternyata oblak perkiraan karena sebelumnya grease kering ditambah dengan penahannya (gambar 2 nomor part 9 dan 10) udah rusak parah.

Dikarenakan uang temen saya belum cukup karena part part beat lumayan menguras katong kita makanya temen saya pun hanya menggati seal dulu, pas di pasang ternyata suara berisik menghilang tapi hanya sesaat pas di jalan kan suara berisik itu pun bunyi lagi dan temen saya pun bingung,kata mekanik di sarankan untuk mengganti sliding shavenya dan dibiarin dulu sampai uang ada baru beli part yg sudah rusak tersebut.

Pas uang dah terkumpul temen saya ke bengkel untuk menganti sliding shave, hasilnya bunyi berisik hilang dan akhirnya dan motor pun berjalan normal kembali hihi

Nah sekian dari saya semoga bermanfaat yah bila ada yang kurang tinggal tambah kan aja yah di komentar Terima Kasih

Cara Menghilangkan Brebet di Tanjakan/Lurusan

Nah saya akan memberi ilmu cara menghilangkan motor brebet di tanjakan/lurusan, saya pernah mencoba motor temen yaitu Yamaha mio nah pas saya mencoba untuk menanjak tapi kok tiba tiba motor jadi brebet malah jadi nge plos ketika melewati jalanan menjak dengan kecepatan 40 Km.

Nah saya pun langsung mencoba memperbaikin motor tersebut sebagai awal untuk mendeteksi kerusakan jenis apa yah yang di alami motor mio keluaran 2008 ini.
setelah saya tes ternyata Gas Ngebrebet tidak hanya terjadi jika dibawa ke jalan yang menanjak, namum di jalan lurus pun atau datar juga kondisi kadang suka ngebrebet sendiri saat mencoba di gas pool sampai 60 km.
Saya pun langsung periksa karburator motor mio tersebut nah saya bongkar body dan jangan lupa lepas Aki nya biar enak pas ngelepas karburatornya nah pas saya periksa karburator tersebut ternyata penyebabnya pada motor mio tersebut adalah adanya penyebab kerusakan kevakuman karburator, bisa saja terjadi karena karet vakumya bocor atau kondisi jarum skepnya yang sudah longgar. nah jika jarum skep goyang-goyang, lihat juga lubang jarum skepnya tersebut apakah sudah membesar karena terkikis goyangan dari jarum.

Caranya cukup mudah yah gan dengan mengencangkan jarum skep serta menutup sela sela lubang jarum skep dengan plastik anti panas, caran ini mampu menjadikan motor mio kondisi prima selama 1 bulan atau bisa lebih yah
nih gambar jarum skepnya:

Terima kasih atas kunjungannya bila ada salah kata mohon dimaafkan jika ada yang kurang mohon tambah kan saja di kolom komentar di bawah ini Terima Kasih