Penyebab Motor Goyang dan Oleng Saat Berkendara

Sekarang ototar.blogspot.com akan memberika penyebab motor goyang saat berkendara dan cara memperbaikinya, pastinya jika saat berkendara enak di jalan aspal yang bagus tidak tidak motor goyang sendiri dan pasti ga enak banget kan dijalan yang lurus motor goyang goyang emang mau dangdutan tuh motor hehe nah ada 6 penyebabnya nih gan simak dibawah ini:

1. Kondisi Ban Motor
Dikarena motor oleng juga ternyata dapat di sebab kan ban yang sudah botak/aus, anda juga harus memperhatikan apakah ada kerusakan pada ban seperti ban motor bocor,robek atau terkena paku dan ban tidak rata, Keadaan tersebut pastinya membuat perjalanan terasa oleng selain itu lihat juga rotasi banya gan jika rotasi ban ban terbalik ban akan cepat botak dan saat dikendarai menjadi kurang nyaman. Untuk memperbaiki masalah seperti ini yakni dengan kempiskan ban dahulu kemudian pasang dengan posisi yang pas saja. Nah ada pun benjolan di ban motor bisa membuat motor tak stabil. Sangat terasa tentunya saat dikendarai, maka itu cek apakah kondisi bannya yah gan,periksa juga tekanan anginnya gan apakah sesuai dengan ukuran yang di anjurkan sepeda motor.

2. Velg Motor


Nah Velg itu merupakan salah satu komponen yang mungkin bermasalah juga ketika merasa oleng pada motor. Untuk medeteksinya apakah motor bermasalah sehingga dapat mengakibatkan goyang goyang pada motor gunakan alat bantu seperti batang besi, obeng dan benda lain lainnya, kemudian dekatan besi atau obeng tersebut sampai hampir menyetuh velg, terus gerakan roda ke depan atau kebelakang bebas sih, nah apabila besi atai obeng menyentuh velg itu motor maka dapat di pastikan velg itu tidak keadaan presisi,cara mengatasinya dengan cukup menyetel ke tukang setel jari jari saja jika velgnya racing ke tukang pres velg saja,cukup harga terjangkau paling setidaknya 80 ribu cukup hehe.

3. Bearing Motor
Bearing roda pada komponen ini sangat banget mempengaruhi sekali penyebab paling sering dari motor terasa goyang. Untuk penyebab yang satu ini indikasinya cukup mudah terlihat banget, jika ban motor tidak kempes dari baut roda sudah kencang tetapi motor masih goyang maka hal ini dipastikan bearing adalah sumber keolengan motornya, untuk medeteksi kerusakan bearing dengan cara menggoyangkan roda kiri atau kanan ke arah depan dan belakang pada posisi standar dua ya jangan satu wkwk, jika terlihat goyang goyang maka itu penyebabnya adalah bearing.

4. Komstir


Komstir pada komponen ini sangat mempengaruhi sekali penyebab motor goyang dan tidak enak di kendarai, komstir terdapat di sumbu antara segitga garpu depan dan rangka motor gan. Komstir ini berfungsi memegang peranan dalam pengendalian. Usia Pemakaian sudah lama akan berakibat komstir terasa oblak, susah digerakan, terasa kasar dan belok kurang enak gan. Kerusakan komstir ini di sebabkan biasanya adalah mangkuk-mangkuk dan bola-bola besi yang telah aus,sebaiknya diganti saja dan usahakan membeli suku cadang yang baru di delaer terdekat atau bengkel yang lengkap.

5. Shockbreaker Depan
Shockbreaker pada komponen ini mempengaruhi penyebab motor tidak terasa enak di kendarai, Shock ini juga berfungsi menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang untuk membuat berkendara semakin nyaman dan wenak tenan. Shock ini juga berfungsi meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan yang berlubang, Tabrakan dan bekas jatuh biasanya hampir rusak shockbreaker ini Sehingga posisi shock miring tidak presisi atau lurus ga.

6. Segitga Dudukan Setang 
Segitiga motor pada komponen ini sangat mempengaruhi motor banget tidak terasa nyaman gan dikarenakan setang motor yang menghubungkan antara setang dengan shockbreakernya biasanya sering terjadi ketidak sejajaran antara garpu kiri dan kanan maka dari itu cek segita motor tersebut gan jika motor sudah tidak terasa nyaman dan enak.

Sekian dari kami ototar.blogspot.com jika ada yang kurang mohon tambahkan saja dikolom komentar ini jika ada salah salah mohon maaf hehe Terima Kasih Salam Motor.




EmoticonEmoticon